Pak Natsir Bapak NKRI, Seorang Pahlawan Dan Teladan Yang Jarang

muhammad-natsir-pahlawan-dihati-ummat
muhammad-natsir-pahlawan-dihati-ummat

Pak Natsir atau Mr. Mohammad Natsir adalah Bapak NKRI melalui Pidato Mosi Integral yang bersejarah dan monumental, Seorang Pahlawan Dan Teladan Yang Jarang. Jelang Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai bangsa yang besar sudah seharusnya kita mengenang jasa-jasa para pahlawan pejuang yang telah meletakkan serta menegakkan sendi dan bangunan bangsa negara ini dengan segenap tumpah darah serta jiwa dan raga. Diantara para pahlawan tersebut terdapat sosok sederhana dengan gerak perjuangan yang istimewa, beliau adalah datuk sinaro panjang Dr. Mohammad Natsir yang namanya kini kita kenang sebagai Bapak NKRI.

Berikut ini adalah beberapa ringkasan diantara begitu banyaknya catatan panjang dari tapak pergerakan Pak Natsir, seorang pahlawan dan teladan yang jarang

Pak Natsir seorang inspirator pergerakan, siapa yang meragukan !!!

Dalam gelora kaumnya dimasa pergerakan Natsir Muda bergabung dan mengetuai Kepanduan JIB (Jong Islamieten Bond) Cabang Bandung, JIB menjadi salah satu komponen pemuda yang sukses mencetuskan ikrar sumpah pemuda, Natsir muda menjadi murid intelektual ulama terkemuka A Hassan Bandung dan Politisi Kawakan Haji Agus Salim.

Setelah lewat masa perjuangan yang panjang di jalur politik, Lewat DDII yang dipeloporinya, pak natsir sukses membina dai – dai muda, mengirimkannya ke wilayah transmigrasi hingga kader – kader dakwah akhirnya bergerak, tersebar merata, bertebaran di pelosok nusantara.

Pak Natsir seorang Nasionalis Sejati, siapa yang mengingkari !!!

Tatkala politik pecah belah belanda berjaya menjadikan negeri ini “boneka” sebagai politisi pak natsir tampil kemuka menyuarakan mosi integralnya pada tahun 1949, seruan yang menjadi pijakan menyelamatkan Indonesia Raya, seruan yang diyakini telah mengubah peta nusantara dan sekonyong – konyong menghidupkan kembali NKRI dari sabang sampai merauke. Pandangannya tentang Pancasila juga perlu diteladani bahwa tidak ada pertentangan Pancasila dan Islam, kecuali bila Pancasila itu sengaja diisi dengan paham-paham yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Pak Natsir seorang Demokrat siapa hendak mendebat !!!

Polemiknya seputar dasar negara dengan bung karno juga di Majelis Konstituante (1957-1959) yang bertugas merumuskan kembali dasar negara RI dilakukan oleh Natsir untuk memperjuangkan Islam sebagai dasar negara dalam format yang sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia. Perjuangan fraksi-fraksi Islam hanya mencapai separuh jalan, kemudian di-by pass oleh Dekrit Presiden yang membubarkan Konstituante. Perjuangan ini menjadi inspirasi yang patut digali, ditelusuri dan diikuti, penegakan syariat islam sebagaimana diamanatkan oleh the founding father dalam Piagam Jakarta tak sekalipun surut diperjuangkan meski akhirnya parlemen dibekukan, meski akhirnya partai masjumi yang dipimpinnya dikubur hidup –hidup oleh penguasa di dasar tergelap sejarah.

Mohammad-Natsir-datuk-sinaro-panjang-ulama-pejuang-yang-istiqomah
Mohammad-Natsir-datuk-sinaro-panjang-ulama-pejuang-yang-istiqomah


Pak Natsir ulama pemikir siapa berusaha mungkir !!!

Lewat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DII) yang dipeloporinya, pak natsir sukses membina kader dakwah hingga ke pelosok nusantara, meski jasadnya tlah terbaring tetapi percikan pemikirannya tak mengering karena begitu banyak natsir – natsir muda yang siap meniti jalan dakwah, menyelaraskan langkah menuju cita – cita Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur.

Peran Natsir yang menonjol di dunia Islam ialah sebagai wakil presiden Muktamar Alam Al-Islami (World Muslim Congress), anggota inti Rabithah Alam Islami di Makkah, anggota inti Dewan Masjid Sedunia, dan lain-lain. Beliau pernah diusulkan menjadi Sekretaris Jenderal Organisasi Konferensi Islam (OKI), tapi ironisnya tidak disetujui Pemerintah RI.

Pada 1980 Natsir menerima Penghargaan Internasional Malik Faisal (Faisal Award) dari Kerajaan Saudi Arabia atas jasa-jasanya kepada dunia Islam, Pak Natsir dipercaya Sebagai tokoh pembaruan dan intelektual Muslim tidak hanya bagi Indonesia tapi bagi Dunia Islam pada umumnya.

Pak Natsir seorang pahlawan , siapapun akan tetap menganggapnya demikian !!!

Pak Natsir turut membantu Pemerintah dalam pemulihan hubungan diplomatik dengan Malaysia pasca konfrontasi ‘Ganyang Malaysia’. Dari balik tembok tahanan beliau menulis surat pribadi kepada Perdana Menteri Tengku Abdul Rahman yang sebelumnya menolak menerima utusan pemerintah Indonesia yaitu Ali Moertopo dan Benny Moerdani. Dan banyak lagi kisah kepahlawanan Natsir untuk Ummat, Bangsa dan Negara. Begitu banyak catatan yang seharusnya diurai, begitu panjang jalan yang perlu dibentangkan, begitu banyak mutiara hikmah yang bisa dipetik dan diteladani, bagi kita nama beliau telah terukir di hati sebagai pahlawan penegak syariat, pahlawan yang akan terus abadi di hati ummat.

Mohammad-Natsir-bapak-nkri-pahlawan-dan-teladan-yang-jarang
Mohammad-Natsir-bapak-nkri-pahlawan-dan-teladan-yang-jarang


Mohammad Natsir sesungguhnya adalah Pahlawan modern yang langka, pejuang yang ikhlas dan tak penat memandu umat, perpaduan yang paling representatif dan pantas menjadi Icon Islamis plus Nasionalis.

Pak Natsir pernah menulis:

Tanggal 17 Agustus 1945 kita mengucapkan hamdalah;
alhamdulillah menyambut lahirnyaRepublik sebagai anugerah Allah!
Tanggal 18 Agustus kita istighfar mengucapkan astaghfirullah
(mohon ampun kepada Allah) karena hilangnya tujuh kata!”

Lantas Siapa hendak mengikuti jejaknya ???…



(Repost By GoviralZone/History, Sumber : Tulisan Badrut Tamam Gaffas Untuk Lantang Media)
Tautan Rujukan :
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url