Melalui Dana APBD TA. 2022 DKUPP Kota Probolinggo Membangun Laboratorium Unit Metrologi Legal

Pembangunan Lab. UML Kota Probolinggo On Progress


Unit Metrologi Legal (UML) Kota Probolinggo terus berusaha mengembangkan eksistensinya sebagai Unit Legal yang berperan dalam mewujudkan keadilan masyarakat dalam hal kebenaran pengukuran. Visi dan Misi UML Kota Probolinggo dalam pelayanan kemetrologian menjadi bagian penting dari urgensi perlindungan konsumen yang merupakan amanat dari UU No 2 Tahun 1981 Tentang Unit Metrologi Legal.

Selama Tahun 2022 UML Kota Probolinggo sudah menjalankan tugas pokok dan fungsi pelayanan dan pengawasan kemetrologian baik melalui kegiatan sidang tera ulang (STU) di Pasar Tradisional, Loco maupun pelayanan tera ulang di Kantor DKUPP. Sejalan dengan tuntutan pelayanan kemetrologian tersebut UML juga berusaha membekali kemampuan SDM Penera dan Pengawas Metrologi melalui serangkaian kegiatan seminar, bimtek dan pelatihan teknis. Terakhir pada bulan November yang telah lalu UML telah memberangkatkan dua orang peneranya untuk mengikuti Pelatihan Teknis Peneraan Timbangan Jembatan di Pusbin SDM Kemetrologian/PPSDK di Cihanjuang - Jawa Barat.

Meneruskan Misi Pengembangan Pelayanan Kemetrologian maka pada tahun anggaran 2022 melalui sumber dana PABD Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kota Probolinggo mengawali pembangunan fisik Gedung/Laboratorium Unit Metrologi Legal Tahap 1. Pekerjaan Konstruksi Lab. UML tersebut berlokasi di Jalan Mastrip Kanigaran - Kota Probolinggo dan sesuai rencana pekerjaan akan dilanjutkan tahap kedua pada triwulan ke-1 tahun anggaran 2023.

Keberadaan Kantor baru UML nantinya diharapkan mampu lebih menggairahkan lagi pelayanan kemetrologian baik melalui Tera, Tera Ulang maupun Pengawasan Kemetrologian.

(Reportase Singkat Tim Info Tapal Kuda @goviralzone)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url