Sejumlah 794 UTTP Pedagang Pasar Baru Di Tera Ulang, Para Pedagang Sangat Antusias dan Merasa Puas Mendapatkan Layanan Kemetrologian Dari Unit Metrologi Legal Kota Probolinggo

Suasana Pelaksanaan Sidang Tera Ulang Di Pasar Baru
Oleh Unit Metrologi Legal Kota Probolinggo

[INFO-TAPALKUDA] Selama 2 (Dua) hari pada tanggal 7 dan 8 Desember 2022 Unit Metrologi Legal (UML) Kota Probolinggo melaksanakan Kegiatan SidangTera Ulang terhadap UTTP ( Alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya) untuk pedagang Pasar Baru yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Kota Probolinggo. Peneraan dilaksanakan dengan bekerjasama dengan pihak UPTD Pasar sub unit Pasar Baru untuk memberikan sosialisasi kepada ratusan pedagang binaan sekaligus memberikan undangan agar pedagang berpartisipasi mengikuti sidang tera ulang yang merupakan sesi terakhir di Tahun 2022. Pihak UML juga menggandeng mitra reparatir dari CV. Teknik Timbangan sebagai opsi bagi pemilik timbangan yang memerlukan perbaikan.

Donny Setyadi Putra, S.AB selaku Kepala Unit Metrologi Legal Kota Probolinggo pada saat ditemui Tim Info Tapal Kuda menyampaikan bahwa selama dua hari kegiatan sidang tera ulang berlangsung, petugas berhasil melakukan tera ulang terhadap total 794 UTTP (Alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya ) dengan berbagai jenis dan merk. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut : Timbangan Meja sebanyak 142 unit, Timbangan Sentisimal sebanyak 17 unit, Timbangan Pegas sebanyak 1 unit, Timbangan Elektronik sebanyak 6 unit serta Anak Timbangan Standart sejumlah 628 unit.

Dari total 794 UTTP tersebut sekitar 10% dinyatakan lulus uji tera ulang sehingga tidak memerlukan jasa perbaikan melainkan langsung ditempel stiker serta dibubuhi cap tanda tera sah tahun 2022 sesuai ketentuan yang berlaku. Kepada pemilik UTTP Pasar Baru dan sekitarnya kali ini secara perdana bagi mereka dikenakan biaya retribusi tera ulang sesuai dengan Perda Retribusi Jasa Umum Tera Ulang yang telah diberlakukan sejak beberapa bulan yang lalu. Besaran retribusi sangat variatif untuk masing-masing jenis UTTP dan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bagi Pemerintah Kota Probolinggo.

Sebagian besar pedagang di pasar baru merasa senang dan antusias dengan pelaksanaan kegiatan kemetrologian tersebut, mereka bersyukur karena Pihak UML Kota Probolinggo melakukan jemput bola sehingga mendekatkan pelayanan dan mereka tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membawa timbangannya ke lokasi tera ulang seperti pada periode-periode sebelumnya. Para pedagang merasa sadar dan meyakini dengan timbangan atau alat ukur yang sudah teruji kebenarannya akan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pembeli dan konsumen dalam bertransaksi jual-beli dengan mereka. 

 

Pose bersama Seusai Sidang Tera Ulang Pasar Baru

Besar harapan berbagai pihak agar Sidang tera ulang secara rutin dapat dilaksanakan sebagai bagian dari program UML Kota Probolinggo kedepan yaitu mencanangkan Pasar Tertib Ukur sebagai rintisan menuju Probolinggo sebagai Daerah Tertib Ukur.


(Reportase Oleh tim Info Tapal Kuda @goviralzone)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url