Pembangunan Fisik Rumah Batik Griya Pendalungan Oleh DKUPP Kota Probolinggo Akhirnya Bisa Selesai Sepenuhnya

rumah-batik-kota-probolinggo
bangunan-rumah-batik-kota-probolinggo-tampak-depan


Pembangunan Fisik Rumah Batik Griya Pendalungan Kota Probolinggo yang menjadi salah satu kegiatan prioritas dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan Dan Perindustrian Kota Probolinggo TA. 2022 akhirnya bisa dirampungkan sepenuhnya, Proyek fisik dengan sumber Dana DAK senilai Rp 1,4 Milyar tersebut dikerjakan oleh penyedia pemenang tender dari Surabaya yakni CV. Sarana Bina Yasa (SBY) selama 120 hari kalender.

Bangunan Rumah Batik yang berada di Jalan Mastrip Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo saat ini sudah tampak berdiri dengan megah dan anggun, bahkan program yang sifatnya seperti pembanguan pagar, pengadaan peralatan penunjang hingga pengadaan Ipal Komunal juga dijadwalkan selesai pada pertengah bulan Desember 2022 ini.

rumah-batik-kota-probolinggo
rumah-batik-kota-probolinggo-bagian-dalam

rumah-batik-kota-probolinggo
rumah-batik-kota-probolinggo-dari-sisi-dalam

Gedung Rumah Batik ini nantinya akan mulai aktif difungsikan pada tahun 2023 setelah nantinya dijadwalkan diresmikan oleh Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Keberadaan Rumah Batik ini merupakan kredit poin bagi Kota Probolinggo karena bisa menjadi wahana untuk melestarikan motif-motif batik lokal/pendalungan serta menumbuhkan semangat bagi para pembatik lokal untuk terus berkarya dan mengembangkan usaha batiknya.

rumah-batik-kota-probolinggo-ruang-pelatihan
rumah-batik-kota-probolinggo-ruang-pelatihan

rumah-batik-dkupp-kota-probolinggo-toilet
rumah-batik-dkupp-kota-probolinggo-toilet


Melalui wawancara singkatnya kepada Tim Info Tapal Kuda, Gusfian Yahya, ST selaku PPTK kegiatan Pembangunan Rumah Batik membenarkan pernyataan Kepala DKUPP yang disampaikan sebelumnya bahwa Melalui DKUPP nantinya Rumah Batik ini direncanakan menjadi Pusat Kegiatan salah satunya sebagai sentral wisata edukasi Kota Probolinggo dan gerai batik. Di Rumah Batik akan secara rutin digelar pelatihan batik dan turunanya yang berkaitan dengan baik selain itu disediakan ruangan sebagai gerai dan showroom batik. 
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo Ir. Fitriawati, MM menegaskan bahwa dengan selesainya pembangunan fisik maka Sentra Batik siap difungsikan, 
Sentra batik ini nantinya bisa digunakan untuk pelatihan hingga 300 peserta. Sistemnya bisa bergantian. Rencananya jika sudah dibuka secara resmi sentra ini akan segera dioperasionalkan dengan jadwal mulai Senin sampai Jumat setiap minggunya.

Rumah Batik diharapkan bisa menjadi salah satu icon dan garda terdepan dalam pengembangan IKM Batik di Kota Probolinggo dan sekitarnya. 

(reportase maslumajang @info tapal kuda)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url